Manfaat Website bagi PERUSAHAAN :
a. Sarana Penjualan Produk
Jika Anda punya produk barang atau jasa yang ingin
dipasarkan di internet, maka Anda harus punya website. Website itu fungsinya
adalah sebagai alat untuk memperkenalkan produk Anda kepada dunia internet.
Dengan banyaknya pemakai internet, Anda punya peluang untuk mendapatkan calon
pembeli dengan jumlah yang cukup banyak juga.
b.
Mempermudah Komunikasi
Lewat website, Anda bisa berkomunikasi dengan mudah.
Entah itu dengan klien Anda, dengan teman-teman Anda, dengan calon konsumen dan
sebagainya. Website modern itu dilengkapi dengan berbagai fitur komunikasi yang
memungkinkan kita berbicara dengan pengelola website.
Adanya kotak komentar di website, adanya form contact
adalah sebagian kecil dari cara komunikasi lewat website.
c.
Memperkenalkan Profil Perusahaan Anda
Semakin dikenall profil maka akan makin terkenal profil
tersebut. Sebuah perusahaan atau organisasi tentu mau jika profilnya dikenal
luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi profil perusahaan
adalah salah satu cara yang inovatif.
d. Mendatangkan
Calon Konsumen
Sebuah website juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk
mendatangkan calon konsumen. Banyak perusahaan yang bisa menggaet klien
dari luar daerah atau bahkan luar negeri lewat website yang mereka miliki.
Seperti yang kita ketahui, jumlah pengunjung website tidak hanya dari
Indonesia, tetapi dari luar negeri. Bahkan blog ini saja sering mendapatkan
kunjungan dari luar negeri, terbukti dari banyaknya komentar asing yang masuk
ke blog ini.
e. Menjadi
Sarana Publikasi Resmi Perusahaan Anda
Lewat website, perusahaan Anda bisa menjadikannya sebagai
sarana publikasi resmi. Misalnya perusahaan Anda mengadakan undian berhadiah,
maka informasi seputar kegiatan tersebut bisa ditampilkan lewat website yang
dimiliki. Bahkan, hampir semua perusahaan dituntut untuk memiliki website.
f.
Branding
Membangun branding juga sangat penting bagi perusahaan.
Nah peran membangun branding juga bisa dilakukan lewat website. Banyak website
yang didesain secara khusus dan memiliki ciri khas tersendiri dari suatu
perusahaan. Untuk itu branding lewat website juga perlu lho .
g.
Kemudahan Memberi Informasi
Dengan memiliki sebuah website, perusahaan akan mudah
untuk mengupdate informasi terbaru. Seperti jadwal kegiatan, berita terbaru,
dan lain sebagainya. Dengan adanya website, konsumen maupun calon konsumen
tetap bisa mengetahui perkembangan terbaru dari perusahaan Anda meski jaraknya
sangat jauh.
Selain itu, umumnya konsumen akan lebih suka berinteraksi
dengan customer service perusahaan lewat sebuah website karena kepraktisannya.
h.
Kemudahan Melakukan Polling
Polling juga merupakan sarana untuk mengetahui keadaan
dan keinginan konsumen atau calon konsumen saat ini. Lewat website, kita bisa
membuat polling dengan mudah dan praktis namun bisa dimaksimalkan. Di internet
ada banyak penyedia layanan pembuatan form isian polling yang bisa Anda
tampilkan di website Anda. Dengan kemudahan ini, tentu polling juga bisa
dilakukan lewat website Anda.
i.
Menimbulkan Kesan Profesional
Sebuah perusahaan yang memiliki website, sudah pasti akan
mendapatkan perhatian lebih dari perusahaan yang belum memiliki website.
Konsumen maupun calon konsumen pasti akan melihat lebih dulu kepada perusahaan
yang sudah memiliki website. Itulah sebabnya perusahaan harus punya website.
j.
Mencari Partner Baru
Banyak perusahaan yang terkadang membutuhkkan partner
untuk saling bekerja sama. Nah dengan mempublikasikan perusahaan Anda lewat
website yang dioptimalkan, akan semakin banyak orang yang tahu mengenai
keberadaan dan eksistensi perusahaan Anda. Dari sana mungkin saja perusahaan
Anda bisa menemukan partner bisnis yang cocok dan menguntungkan.
a. Memiliki Kesan Profesional
Sederhana saja. Anda lebih suka beli baju dipasar apa di
Mall? Anda lebih suka ditemui relasi Anda menggunakan pakaian compang camping,
atau dengan berpakaian rapi? Anda lebih nyaman duduk menunggu transportasi di
terminal kumuh atau dibandara? Ya, kondisi layanan yang berbeda dan modern,
akan meningkatkan nilai profesionalisme Bisnis Anda.
b. Branding Dengan Harga
Terjangkau
Branding dapat dilakukan dengan berbagai cara dan media
dengan harga ratusan juta, bahkan miliaran rupiah. Website memberi alternatif
kepada Anda dengan harga yang jauh lebih terjangkau.
c. Bisnis dan Perusahaan Anda
Semakin Terkenal
Jutaan orang mengakses internet tiap harinya untuk
mendapatkan informasi dan bertransaksi yang mereka butuhkan. Artinya, sebesar
itu pula potensi Anda untuk dikenal dan ditemukan oleh konsumen atau calon
konsumen baru Anda.
d. Sebagai Sarana Publikasi
Resmi
Sekarang ini banyak informasi hoax (tidak benar) beredar
di internet. Banyak juga transaksi tipu-tipu yang beredar disana. Bagaimana
Anda menangkal atau mengantisipasi hal seperti ini? Solusinya adalah website.
Disitu Anda dapat memberikan informasi resmi dan benar terkait bisnis dan
perusahaan Anda.
e. Memudahkan Konsumen atau
Client Mendapatkan Informasi
Anda mau menjelaskan semua lingkup bisnis Anda kepada
konsumen atau calon konsumen satu per satu secara detil dan gamblang? Kira-kira
per hari Anda bisa menjelaskan ke berapa orang? Buang-buang waktu bukan? Dengan
website, Anda cukup menulis seluruh informasi disana, maka website-lah yang
akan menjelaskan kepada konsumen atau calon konsumen Anda secara jelas, lengkap
tanpa terbatas jumlah orang per hari, kapanpun dan dimanapun.
f. Komunikasi Jadi Lebih Mudah
Anda dapat memberi informasi kontak dihalaman website
Anda secara lengkap. Jadi konsumen atau calon konsumen Anda dapat memilih
menggunakan apa saja sesuai yang mereka mau untuk berkomunikasi dengan Anda.
Bisa nomor telepon, chatting, komentar atau kontak form yang otomatis dikirim
ke email Anda.
g. Mendatangkan Calon Konsumen
Baru
Semakin banyak pengunjung website Anda, tentunya itu bisa
menjadi target calon konsumen. Jangan heran ketika Anda memiliki website,
tiba-tiba ada email masuk dari calon konsumen. Atau via telpon, chat dan
fasilitas lainnya yang tersedia. Tinggal pandai-pandai Anda melakukan closing
saja.
h. Mendapatkan Partner Bisnis
Sekarang ini, banyak juga yang mencari mitra bisnis
melalui internet. Jika optimasi Anda tepat, bisa saja Anda akan menemukan mitra
untuk semakin memperluas cakupan bisnis Anda.
i. Sebagai Sarana Penjualan
Sekarang sangat marak di internet para pelaku usaha
online, tepatnya e-commerce. Website juga memiliki kemampuan ini. Anda hanya
perlu men-display produk Anda di website, maka setiap konsumen Anda dapat melakukan
transaksi jual beli (baik produk barang atau jasa) melalui website Anda. Anda
cukup cek rekening bank dan melakukan eksekusi pengiriman atau follow up
project.
j. Perlu Survey Dari Konsumen?
Bisa!
Dengan fasilitas ini, Anda bisa mendapatkan saran dan
masukan, feedback, dan survey lainnya untuk memajukan bisnis Anda, langsung
dari para konsumen Anda.
Pengertian
Dan Peran Besar Digital Marketing Adalah Pada Konten
Ketika berbicara mengenai digital
marketing, kita tak terlepas membahas mengenai peranan besar dari konten. Tak
salah memang, mengingat digital
marketing adalah konten itu sendiri, yang disampaikan melalui
media digital. Bahkan rasanya tak mungkin membicarakan mengenai digital
marketing tanpa menyinggung tentang konten yang dibuat. Namun sebenarnya,
sebesar apa peranan konten pada digital marketing. Serta apa pengertian dari
digital marketing itu sendiri?Berdasarkan
dari Wikipedia, digital
marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek
dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat
waktu, pribadi, dan relevan. Sedangkan menurut ahli, digital marketing
merupakan pemasaran sebuah produk atau jasa melalui media internet.Sebenarnya
“digital” yang dimaksudkan dalam digital marketing bukan hanya melalui internet
seperti media sosial, website, e-market, kiosk, dan lain-lain. Pemasaran
digital pun termasuk dengan marketing di televisi dan juga radio. Segala bentuk
pemasaran yang tidak berwujud “nyata” termasuk dalam jenis digital marketing.
Inilah mengapa akhirnya dibedakan kembali antara pemasaran digital dengan internet marketing. Melihat dari
media yang digunakan oleh kedua sarana pemasaran tersebut.Sebelum membahas mengenai peranan
konten pada digital marketing, sebelumnya penting untuk dibahas tentang perbedaan
antara pemasaran online dengan konvensional. Mana yang lebih baik dan mana yang
lebih bergantung pada konten di antara 2 jenis marketing ini?Kedua jenis
marketing tersebut bergantung pada konten. Marketing konvensional yang berupa
strategi pemasaran door to door, penyebaran marketing kit seperti misalnya
brosur, leafet dan poster, billboard, iklan media cetak seperti Koran, majalah,
dll, dan telemarketing lewat telpon. Sedangkan digital marketing, Anda tentu
sudah mengetahui bahwa pamasaran ini berupa iklan di media cetak, SEO untuk
menaikan ranking website, Pay per Click, post di media sosial, menggunakan
influenzer dan juga buzzer, hingga konten di situs. Tentunya termasuk juga
iklan dan promosi di radio dan juga televisi. Sudah bisa melihat perbedaan dari
kedua jenis marketing ini? Serta bagaimana keduanya berkaitan dengan konten
yang dibuat nantinya?Ada satu
istilah menarik di dunia marketing mengenai konten. Content is a king, yang
berarti konten adalah raja. Istilah tersebut mencakup untuk semua jenis
marketing, baik itu digital, internet, hingga pemasaran konvensional. Tak
percaya? Ketika Anda memiliki konvensional marketing, iklan di billboard yang
dipasang pun berupa konten dari produk yang Anda pasarkan. Begitupun dengan
promosi radio yang pastinya akan menggunakan konten pula. Terlebih pada digital
marketing. Beberapa peranan besar dari konten pada marketing tersebut, akan
kami berikan dalam daftar yang ada di bawah ini.Daftar berikut
memberikan gambaran mengenai pentingnya konten pada pemasaran. Terlebih untuk
menegaskan bahwa pada akhirnya digital
marketing adalah konten yang Anda gunakan pada produk. Lebih
jauh, berikut merupakan peranan dari konten pada marketing.Pengertian Dan Peran Besar Digital
Marketing Adalah Pada Konten1.
Penting untuk SEO
Ada beberapa ketentuan bagi sebuah konten untuk menemuhi syarat SEO. Pertama,
mencakup kata kunci. Kata kunci atau keyword merupakan kata yang digunakan oleh
pengguna untuk mencari di search engine. Selain kata kunci, konten juga harus
memiliki sedikitnya 300 hingga 500 kata. Serta terdapat out-bound dan in-bound
link.
2. Menghubungkan dengan konsumen
3. Meningkatkan penjualan
4. Memberikan “value” lebih pada produk
5. Meningkatkan traffic
Sebelumnya,
kami sudah pernah membahas mengenai pentingnya SEO untuk digital marketing. SEO
akan membawa pengunjung (dan calon konsumen) pada situs resmi perusahaan.
Bagaimana caranya? Dengan memunculkan situs perusahaan di halaman pertama
pencarian Google. Search Engine Optimization ini hanya bisa didapatkan melalui
konten.Konten yang
bagus tak hanya akan sekedar lewat dan dilupakan oleh pembacanya, yang disini
menjadi konsumen Anda. Konten yang benar-benar menarik seharusnya mampu
menggugah dan membuat konsumen merasa terikat dengan perusahaan. Lebih lagi
pada produk yang ditawarkan.
Tak ada tolak
ukur pasti mengenai konten yang bagus ini. Baik itu pada digital, internet
marketing, hingga pemasaran konvensional. Namun salah satu tips untuk membuat
konten yang menarik adalah dengan memberikan rasa penasaran pada konsumen.
Contoh mudahnya seperti ini. Berapa kali Anda penasaran ingin mengetahui
kelanjutan cerita di sinetron hingga rela menontonya setiap hari? Begitu juga
konten. Rasa penasaran konsumen inilah yang harus ditimbulkan melalui konten.
Goal akhir
dari pemasaran memang penjualan. Dimana nantinya akan mengarah pada keuntungan
perusahaan. Nah, konten di digital marketing memiliki peranan yang besar dalam
meningkatkan penjualan. Tak percaya? Mudahnya seperti ini. Anda memiliki sebuah
online shop di media sosial. Digital
marketing yang Anda pilih merupakan review dari influenzer yang
didukung dengan buzz atau bump melalui live dan juga temporasi video. Konten
yang Anda pilih tentunya yang berhubungan dengan review dari influenzer itu
tadi.
Nah dari sini,
Anda melihat adanya peningkatan jumlah pengikut di media sosial serta makin
banyaknya traffic yang didapat di situs penjualan resmi. Hingga memperlihatkan
peningkatan penjualan. Konten yang berupa review tersebut menunjukan mereka
sukses mencapai goal Anda.
Pemilihan
konten yang tepat di media yang tepat akan memberikan value berbeda pada produk
Anda. Hingga akhirnya mempengaruhi image dari produk itu sendiri. Katakan saja
seperti ini, Telkomsel dengan konten pemasaran digital yang berkutat di
kalangan high end, menjadikan produk mereka dikenal sebagai produk high end
pula. Begitu pun dengan produk Apple. Dimana image produk ini sendiri sudah
dikenal untuk “kalangan atas”.
Konten seperti
itulah yang akhirnya nanti memberikan pengaruh pada pemasaran Anda.
Untuk peranan
konten yang terakhir ini sudah kita bahas di atas. Bagaimana sebuah konten akan
membuat banyaknya pengunjung yang mengakses situs penjualan atau pun website
resmi produk. Tentunya dengan SEO, konten yang menarik hingga mampu
meningkatkan penjualan produk pula.
Untuk traffic,
yang paling berpengaruh nantinya memang SEO. Dimana konten SEO berperan secara
langsung membawa pengunjung ke link website Anda.
Selain 5 hal
itu, masih ada beberapa peranan besar digital marketing adalah pada konten. Seperti
meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai produk dan perusahaan Anda,
misalnya. Jadi, ada yang masih belum dimengerti mengenai digital marketing
serta konten?
3. Mesin pencari ( search engine )memiliki peran yang penting untuk memenangkan persaingan dalam bisnis online. Sebutkan peranan mesin pencari yang kamu tahu dan beri penjelasan !
1. Memudahkan mencari alamat website atau blog
Search engine atau mesin pencari memiliki kapasatitas yang sangat besar dan akan terus disesuaikan dengan pertambahan jumlah pengguna internet sehingga pada mesin pencari tersebut memiliki bermacam-macam informasi yang dibutuhkan oleh orang-orang yang menggunakan mesin pencari tersebut.
2. Sarana mencari informasi
Dengan memiliki kapasitas yang sangat besar mesin pencari memiliki bergam informasi di seluruh dunia yang dapat kita ketahui di internet
3. Efektif untuk Browsing
Search engine atau mesin pencari memiliki kapasatitas yang sangat besar dan akan terus disesuaikan dengan pertambahan jumlah pengguna internet sehingga pada mesin pencari tersebut memiliki bermacam-macam informasi yang dibutuhkan oleh orang-orang yang menggunakan mesin pencari tersebut.
2. Sarana mencari informasi
Dengan memiliki kapasitas yang sangat besar mesin pencari memiliki bergam informasi di seluruh dunia yang dapat kita ketahui di internet
3. Efektif untuk Browsing
Lebih memudahkan kita untuk mencari sesuatu informasi dari pada kita mencarinya satu persatu di website atau blog karena bisa anda bayangkan betapa banyaknya website dan blog dalam dunia internet.
4. Memiliki bahasa pencarian yang lengkap
Mesin pencari digunakan diseluruh dunia oleh karena itu fasilitas mesin pencari dilengkapi dengan berbagai bahasa-bahasa di dunia.
5. Sumber finansial
Mesin pencari juga dapat difungsikan sebagai sumber penghasilan. Misalnya memasang iklan, setiap pengguna yang mencari informasi akan menulis kata-kata kunci informasi yang mereka cari, nah iklan-iklan yang berkaitan dengan kata yang mereka tuliskan akan muncul sehingga pengunjung akan tertarik juga untuk melihat iklan-iklan tersebut.
Contoh-contoh search engine yang sering kita jumpai di internet yaitu :
1. Google
2. Yahoo
3. Bing
4. Lycos
5. Ixquick, dan
6. Ask
4. Komunikasi transaksi dan distribusi adalah aspek penting dalam saluran bisnis online. Berilah contoh komunikasi daring online ( interaktif ) yang dapat digunakan dalam bisnis online ( 5 contoh )4. Memiliki bahasa pencarian yang lengkap
Mesin pencari digunakan diseluruh dunia oleh karena itu fasilitas mesin pencari dilengkapi dengan berbagai bahasa-bahasa di dunia.
5. Sumber finansial
Mesin pencari juga dapat difungsikan sebagai sumber penghasilan. Misalnya memasang iklan, setiap pengguna yang mencari informasi akan menulis kata-kata kunci informasi yang mereka cari, nah iklan-iklan yang berkaitan dengan kata yang mereka tuliskan akan muncul sehingga pengunjung akan tertarik juga untuk melihat iklan-iklan tersebut.
Contoh-contoh search engine yang sering kita jumpai di internet yaitu :
1. Google
2. Yahoo
3. Bing
4. Lycos
5. Ixquick, dan
6. Ask
Berikut ini akan Pakar Komunikasi paparkan 10
penerapan komunikasi daring untuk menambah wawasan anda.
1. Website
Website merupakan sebuah sistem yang
mempresentasikan informasi yang tersimpan dalam bentuk teks, gambar,
audio, atau video dalam ternet websever, kedalam bentuk hypertext sehingga
dapat diakses dan dilihat pengguna internet. Website memiliki berbagai fungsi
seperti sebagai edia komunikasi, menyebarkan informasi, edukasi, atau sebagai
media promosi dan pemasaran.
2. Email
Electronic Mail yang disingkat email, merupakan
sebuah bentuk berkomunikasi dengan cara surat menyurat. Bedanya email merupakan
surat elektronik, sehingga pesan yang dikirimkan berupa data digital. Pesan
tersebut dikirimkan kepada penerimanya melalui jaringan internet. Agar
dapat saling berkirim pesan melalui email, pemberi dan penerima pesan harus
membuat akun pada salah penyedia jasa email untuk mendapatkan alamat
email.
Terdapat banyak situs penyedia jasa email,
misalnya Google Mail, Yahoo Mail, Hotmail, Plasa, dll. Fasilitas yang
disediakan penyedia jasa email mencakup mengirim, menerima, dan menyimpan surat
elektronik yang kita terima atau kirimkan. Seperti halnya mengirim surat
melalui pos, untuk mengirim email kita perlu menuliskan alamat email orang yang
kita tuju. Sedangkan pesan yang dikirimkan bisa berupa teks, gambar maupun
suara, namun dalam bentuk digital.
Berbeda dengan surat biasa yang dikirimkan
melalui pos, untuk mengirim email tidak memerlukan biaya kirim, dan akan
langsung sampai begitu email dikirim. Cakupannya pun tentu hingga seluruh
dunia. Sehingga pengiriman surat melalu email tentu lebih mudah, efisien, serta
praktis dibanding surat konvensional.
3. Forum Online
Forum merupakan program aplikasi internet yang
digunakan sebagai media diskusi online antar anggota yang tergabung dalam suatu
grup atau kelompok tertentu. Suatu forum biasanya membahas topic tertentu, dan
anggotanya dapat dengan bebas mengemukakan pendapatnya. Pesan atau informasi
yang disampaikan dalam forum bisa berupa teks, audio, atau video. Penggunanya
juga bisa mengirimkan emosinya dalam bentuk avatar ataupun emoji. Forum
memiliki beberpa fungsi seperti tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki
satu fikiran untuk dapat saling bertukar informasi dan pandangan. Sebuah forum
perbincangan dimana setiap anggotanya bebas mengemukakan pendapatnya .
4. Mailing List
Mailinglist atau disingkat milis, merupakan
program aplikasi internet dimana setiap anggota yang tergabung didalamnya
saling bertukar informasi melalu email. Milis mirip dengan newsgrup, dimana
sekelompok pengguna yang tergabung didalamnya membahas suatu topic
tertentu, dan setiap anggotanya bebas memberikan informasi atau pendapat
terkait topic tersebut. Bedanya dalam milis komunikasi dilakukan melalui email.
Untuk dapat tergabung dalam milis tentunya
pengguna harus memiliki email terlebih dahulu. Kemudian bergabung dalam
sebuah grup atau membuatnya dan mengundang orang-orang untuk bergabung
didalamnya. Di era 90-an milis cukup popular digunakan oleh pengguna internet,
namun sekarang nyaris ditinggalkan karna kalah popular dibanding aplikasi
–aplikasi sosial media yang lebih canggih .
5. Internet Relay Chat
Internet Relay Chat (IRC) merupakan aplikasi
bercakap-cakap diinternet dimana penggunanya saling bertukar pesan/ informasi
dalam bentuk barisan-barisan tulisan yang diketik dengan keyboard. IRC
atau yang lebih dikenal dengan istilah chatting ini memungkinkan penggunanya
untuk bercakap-cakap dengan siapa pun dan membahas apa pun yang diinginkan
chatter. Tidak dibatasi oleh topik tertentu, ataupun keanggotaan tertentu dalam
sebuah grup/ kelompok. Sifat percakapannya pun bisa perseorangan (privat)
maupun berkelompok (grup). Untuk dapat menggunakan aplikasi ini pengguna harus
terlebih dahulu mendaftar menggunakan email. Contoh program aplikasi chatting
antara lain mIRC, Yahoo! Messenger, MSN Messenger, dll.
6. Online Messaging
Online messaging merupakan program aplikasi
pengiriman pesan singkat yang dilakukan secara online. Awalnya aplikasi
percakapan ini hanya memungkinkan anggotanya untuk saling bertukar pesan
secara online dalam bentuk barisan teks. Namun dalam perkembangannya hingga sat
ini, aplikasi pesan singkat ini juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan
pengiriman foto, emoji, animasi, dokumen, audio, atau juga video. Contoh
aplikasi pesan singkat misalnya whatsapp, telegram, line, facebook messenger,
kakaotalk, dll. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, penggunanya harus mendaftarkan
menggunkan nomor teleponnya terlebih dahulu.
7. Voice Over IP
Voice Over IP (VoIP) merupakan percakapan
online yang dilakukan dalam bentuk suara. Penggunanya dapat melalukan
percakapan sepertihalnya orang menelepon menggunakan telepon. Bedanya, sarana
yang digunakan bukanlah jaringan telepon, melaikan jaringan internet. Melakukan
panggilan suara menggunakan internet jauh lebih murah dan luas jangkauannya
dibanding dengan menggunakan jaringan telepon biasa, teruma untuk panggilan ke
luar negeri. Contoh aplikasi panggilan suara misalnya buddy talk, media ring
talk, skype, dll.
8. Video Conference
Video conference merupakan program
aplikasi komunikasi online dimana pengunanya dapat saling bertatap muka satu
sama lain, sehingga seakan-akan bertemu langsung dengan lawan bicara. Dalam
video conference, pengguna dapat mengirimkan dan menerima pesan dalam bentuk
gambar bergerak serta suara. Contoh aplikasi video conference misalnya skype.
Aplikasi perpesanan seperti whatsapp, line, dsb juga sekarang telah menambahkan
fasilitas komunikasi melalui video call.
9. Teleconference
Teleconference sama seperti video call, dimana
penggunanya dapat saling berkomunikasi mendengar suara dan melihat rupa satu
sama lain. Komunikasi dalam bentuk percakapan langsung, seakan-akan
saling bertatap muka. Bedanya dalam penggunaan, teleconference biasanya
digunakan untuk melakukan rapat jarak jauh dan biasanya menggunakan perangkat
khusus seperti webcam, phone, dan speaker; bukan hanya mengandalkan smartphone .
10. Social Network
Salah satu sosial network yang cukup popular
dewasa ini adalah facebook. Facebook memungkinkan penggunanya untuk dapat
menampilkan profil diri, mencari dan menambah teman, menuliskan status
(pikiran, pendapat, foto, dkk) di beranda, melihat serta mengomentari status
pengguna yang terhubung dengannnya, bergabung dalam komunitas, dan banyak
hal lainnya.
Selain facebook, terdapat banyak aplikasi
sosial media lain seperti twitter, instagram, path, dkk. Setiap sosial media
memiliki cirikhasnya masing masing namun melalui sosial media kita dapat
berkomunikasi secara tidak langsung dengan banyak orang. Mengetahui kabar
terbarunya, saling bertukar informasi, dll. Sosial media bahkan bisa dijadikan
sarana untuk mencari orang yang mungkin telah lama tak dijumpai atau juga
melalukan reuni dalam dunia maya.
11. INTERNET FAX
Internet fax merupakan pengiriman faximili
mennggunakan jaringan internet. Pengiriman tetap dilakukan dengan meenggunakan
mesin faximili, namun jaringan yang digunakan untuk mengirimkannya merupakan
jaringn internet, bukan jaringan telepon. Internet fax memiliki kelebihan
dibanding faximili biasa dalam hal efisiensi. Internet fax memungkinkan
pengiriman faximili dalam jumlah yang banyak dengan lebih mudah, praktis,
dan relative lebih murah.
12. File Transfer Protocol
File Transfer Protocol (FTP) merupakan
aplikasi internet yang digunakan untuk melakukan pengambilan atau pengiriman
file dari atau ke komputer lain. Contoh penggunaan FTP misalnya ketika mencari
dan mendowload sebuah file dari sebuah situs, atau ketika mengunggah dan
menyabarkan suatu file melalui jaringan internet. FTP akan memindahkan file
antar host, dari server ke client atau sebaliknya. Namun perlu diperhatikan
bahwa tidak semua client bisa mendapatkan akses ke server.
13. Telnet
Telnet merupakan aplikasi internet yang
memungkinkan penggunanya untuk dapat mengakses komputer dari jarak jauh. Untuk
dapat melakukannya, pengguna telnet harus mengetahui alamat IP target, serta
memiliki hak akses (user ID dan Password). Dengan Telnet, pengguna dapat
melihat, membaca, dan melakukan aktifitas lainnya pada komputer target dari
jarak jauh. Ini berguna misalnya ketika seseorang perlu mengakses komputer
kerjanya, ketika orang tersebut sdang dalam perjalanan.
14. Search Engine
Search Engine, atau dalam bahasa Indonesia
siterjemahkan sebagai mesin pencari, merupakan aplikasi internet yang
berfungsi untuk memudahkan proses pencarian, penarikan, dan pengambilan
informasi dalam internet. Search engine membantu kita untuk mencari situs yang
berisi informasi yang sesuai dengan topic yang kita cari, dari milyaran situs
yang ada di internet. Contoh search engine misalnya Goole.com, Yahoo.com atau
Ask. Com.
15. Packet Internet Gopher
Packet Internet Gopher atau disingkat Ping,
merupakan aplikasi internet yang dapat kita gunakan untuk mengecek koneksi
komputer kita dengan komputer lainnya. Pengecekan tersebut dilakukan
mengirimkan sebuah paket data ke komputer target/ jika komputer target dalam
kadaan aktif, maka akan dikirim respon balik. Lama respon balik bergantung
kecepatan koneksi internet yang kita gunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar