TUGAS INDIVIDU

1. Tulis manfaat Website bagi perusahaan dan pebisnis perseorangan ( 5 manfaat ).
     Manfaat Website bagi PERUSAHAAN :
 

a. Sarana Penjualan Produk

Jika Anda punya produk barang atau jasa yang ingin dipasarkan di internet, maka Anda harus punya website. Website itu fungsinya adalah sebagai alat untuk memperkenalkan produk Anda kepada dunia internet. Dengan banyaknya pemakai internet, Anda punya peluang untuk mendapatkan calon pembeli dengan jumlah yang cukup banyak juga.

b. Mempermudah Komunikasi

Lewat website, Anda bisa berkomunikasi dengan mudah. Entah itu dengan klien Anda, dengan teman-teman Anda, dengan calon konsumen dan sebagainya. Website modern itu dilengkapi dengan berbagai fitur komunikasi yang memungkinkan kita berbicara dengan pengelola website.
Adanya kotak komentar di website, adanya form contact adalah sebagian kecil dari cara komunikasi lewat website.

c. Memperkenalkan Profil Perusahaan Anda

Semakin dikenall profil maka akan makin terkenal profil tersebut. Sebuah perusahaan atau organisasi tentu mau jika profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi profil perusahaan adalah salah satu cara yang inovatif.

d. Mendatangkan Calon Konsumen

Sebuah website juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendatangkan calon konsumen.  Banyak perusahaan yang bisa menggaet klien dari luar daerah atau bahkan luar negeri lewat website yang mereka miliki. Seperti yang kita ketahui, jumlah pengunjung website tidak hanya dari Indonesia, tetapi dari luar negeri. Bahkan blog ini saja sering mendapatkan kunjungan dari luar negeri, terbukti dari banyaknya komentar asing yang masuk ke blog ini.

e. Menjadi Sarana Publikasi Resmi Perusahaan Anda

Lewat website, perusahaan Anda bisa menjadikannya sebagai sarana publikasi resmi. Misalnya perusahaan Anda mengadakan undian berhadiah, maka informasi seputar kegiatan tersebut bisa ditampilkan lewat website yang dimiliki. Bahkan, hampir semua perusahaan dituntut untuk memiliki website.

f. Branding

Membangun branding juga sangat penting bagi perusahaan. Nah peran membangun branding juga bisa dilakukan lewat website. Banyak website yang didesain secara khusus dan memiliki ciri khas tersendiri dari suatu perusahaan. Untuk itu branding lewat website juga perlu lho  .

g. Kemudahan Memberi Informasi

Dengan memiliki sebuah website, perusahaan akan mudah untuk mengupdate informasi terbaru. Seperti jadwal kegiatan, berita terbaru, dan lain sebagainya. Dengan adanya website, konsumen maupun calon konsumen tetap bisa mengetahui perkembangan terbaru dari perusahaan Anda meski jaraknya sangat jauh.
Selain itu, umumnya konsumen akan lebih suka berinteraksi dengan customer service perusahaan lewat sebuah website karena kepraktisannya.

h. Kemudahan Melakukan Polling

Polling juga merupakan sarana untuk mengetahui keadaan dan keinginan konsumen atau calon konsumen saat ini. Lewat website, kita bisa membuat polling dengan mudah dan praktis namun bisa dimaksimalkan. Di internet ada banyak penyedia layanan pembuatan form isian polling yang bisa Anda tampilkan di website Anda. Dengan kemudahan ini, tentu polling juga bisa dilakukan lewat website Anda.

i. Menimbulkan Kesan Profesional

Sebuah perusahaan yang memiliki website, sudah pasti akan mendapatkan perhatian lebih dari perusahaan yang belum memiliki website. Konsumen maupun calon konsumen pasti akan melihat lebih dulu kepada perusahaan yang sudah memiliki website. Itulah sebabnya perusahaan harus punya website.

j. Mencari Partner Baru

Banyak perusahaan yang terkadang membutuhkkan partner untuk saling bekerja sama. Nah dengan mempublikasikan perusahaan Anda lewat website yang dioptimalkan, akan semakin banyak orang yang tahu mengenai keberadaan dan eksistensi perusahaan Anda. Dari sana mungkin saja perusahaan Anda bisa menemukan partner bisnis yang cocok dan menguntungkan.

     Manfaat Website bagi PERSEORANGAN :
 
a. Memiliki Kesan Profesional
Sederhana saja. Anda lebih suka beli baju dipasar apa di Mall? Anda lebih suka ditemui relasi Anda menggunakan pakaian compang camping, atau dengan berpakaian rapi? Anda lebih nyaman duduk menunggu transportasi di terminal kumuh atau dibandara? Ya, kondisi layanan yang berbeda dan modern, akan meningkatkan nilai profesionalisme Bisnis Anda.
b. Branding Dengan Harga Terjangkau
Branding dapat dilakukan dengan berbagai cara dan media dengan harga ratusan juta, bahkan miliaran rupiah. Website memberi alternatif kepada Anda dengan harga yang jauh lebih terjangkau.
c. Bisnis dan Perusahaan Anda Semakin Terkenal
Jutaan orang mengakses internet tiap harinya untuk mendapatkan informasi dan bertransaksi yang mereka butuhkan. Artinya, sebesar itu pula potensi Anda untuk dikenal dan ditemukan oleh konsumen atau calon konsumen baru Anda.
d. Sebagai Sarana Publikasi Resmi
Sekarang ini banyak informasi hoax (tidak benar) beredar di internet. Banyak juga transaksi tipu-tipu yang beredar disana. Bagaimana Anda menangkal atau mengantisipasi hal seperti ini? Solusinya adalah website. Disitu Anda dapat memberikan informasi resmi dan benar terkait bisnis dan perusahaan Anda.
e. Memudahkan Konsumen atau Client Mendapatkan Informasi
Anda mau menjelaskan semua lingkup bisnis Anda kepada konsumen atau calon konsumen satu per satu secara detil dan gamblang? Kira-kira per hari Anda bisa menjelaskan ke berapa orang? Buang-buang waktu bukan? Dengan website, Anda cukup menulis seluruh informasi disana, maka website-lah yang akan menjelaskan kepada konsumen atau calon konsumen Anda secara jelas, lengkap tanpa terbatas jumlah orang per hari, kapanpun dan dimanapun.
f. Komunikasi Jadi Lebih Mudah
Anda dapat memberi informasi kontak dihalaman website Anda secara lengkap. Jadi konsumen atau calon konsumen Anda dapat memilih menggunakan apa saja sesuai yang mereka mau untuk berkomunikasi dengan Anda. Bisa nomor telepon, chatting, komentar atau kontak form yang otomatis dikirim ke email Anda.
g. Mendatangkan Calon Konsumen Baru
Semakin banyak pengunjung website Anda, tentunya itu bisa menjadi target calon konsumen. Jangan heran ketika Anda memiliki website, tiba-tiba ada email masuk dari calon konsumen. Atau via telpon, chat dan fasilitas lainnya yang tersedia. Tinggal pandai-pandai Anda melakukan closing saja. 
h. Mendapatkan Partner Bisnis
Sekarang ini, banyak juga yang mencari mitra bisnis melalui internet. Jika optimasi Anda tepat, bisa saja Anda akan menemukan mitra untuk semakin memperluas cakupan bisnis Anda.
i. Sebagai Sarana Penjualan
Sekarang sangat marak di internet para pelaku usaha online, tepatnya e-commerce. Website juga memiliki kemampuan ini. Anda hanya perlu men-display produk Anda di website, maka setiap konsumen Anda dapat melakukan transaksi jual beli (baik produk barang atau jasa) melalui website Anda. Anda cukup cek rekening bank dan melakukan eksekusi pengiriman atau follow up project.
j. Perlu Survey Dari Konsumen? Bisa!
Dengan fasilitas ini, Anda bisa mendapatkan saran dan masukan, feedback, dan survey lainnya untuk memajukan bisnis Anda, langsung dari para konsumen Anda.


2. Bisnis Online memberlakukan data sebagai salah satu komponen penting bahkan dikenal istilah  content is king. Apa maksudnya ?

Pengertian Dan Peran Besar Digital Marketing Adalah Pada Konten
Ketika berbicara mengenai digital marketing, kita tak terlepas membahas mengenai peranan besar dari konten. Tak salah memang, mengingat digital marketing adalah konten itu sendiri, yang disampaikan melalui media digital. Bahkan rasanya tak mungkin membicarakan mengenai digital marketing tanpa menyinggung tentang konten yang dibuat. Namun sebenarnya, sebesar apa peranan konten pada digital marketing. Serta apa pengertian dari digital marketing itu sendiri?Berdasarkan dari Wikipedia, digital marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Sedangkan menurut ahli, digital marketing merupakan pemasaran sebuah produk atau jasa melalui media internet.Sebenarnya “digital” yang dimaksudkan dalam digital marketing bukan hanya melalui internet seperti media sosial, website, e-market, kiosk, dan lain-lain. Pemasaran digital pun termasuk dengan marketing di televisi dan juga radio. Segala bentuk pemasaran yang tidak berwujud “nyata” termasuk dalam jenis digital marketing. Inilah mengapa akhirnya dibedakan kembali antara pemasaran digital dengan internet marketing. Melihat dari media yang digunakan oleh kedua sarana pemasaran tersebut.Sebelum membahas mengenai peranan konten pada digital marketing, sebelumnya penting untuk dibahas tentang perbedaan antara pemasaran online dengan konvensional. Mana yang lebih baik dan mana yang lebih bergantung pada konten di antara 2 jenis marketing ini?Kedua jenis marketing tersebut bergantung pada konten. Marketing konvensional yang berupa strategi pemasaran door to door, penyebaran marketing kit seperti misalnya brosur, leafet dan poster, billboard, iklan media cetak seperti Koran, majalah, dll, dan telemarketing lewat telpon. Sedangkan digital marketing, Anda tentu sudah mengetahui bahwa pamasaran ini berupa iklan di media cetak, SEO untuk menaikan ranking website, Pay per Click, post di media sosial, menggunakan influenzer dan juga buzzer, hingga konten di situs. Tentunya termasuk juga iklan dan promosi di radio dan juga televisi. Sudah bisa melihat perbedaan dari kedua jenis marketing ini? Serta bagaimana keduanya berkaitan dengan konten yang dibuat nantinya?Ada satu istilah menarik di dunia marketing mengenai konten. Content is a king, yang berarti konten adalah raja. Istilah tersebut mencakup untuk semua jenis marketing, baik itu digital, internet, hingga pemasaran konvensional. Tak percaya? Ketika Anda memiliki konvensional marketing, iklan di billboard yang dipasang pun berupa konten dari produk yang Anda pasarkan. Begitupun dengan promosi radio yang pastinya akan menggunakan konten pula. Terlebih pada digital marketing. Beberapa peranan besar dari konten pada marketing tersebut, akan kami berikan dalam daftar yang ada di bawah ini.Daftar berikut memberikan gambaran mengenai pentingnya konten pada pemasaran. Terlebih untuk menegaskan bahwa pada akhirnya digital marketing adalah konten yang Anda gunakan pada produk. Lebih jauh, berikut merupakan peranan dari konten pada marketing.Pengertian Dan Peran Besar Digital Marketing Adalah Pada Konten1. Penting untuk SEO Ada beberapa ketentuan bagi sebuah konten untuk menemuhi syarat SEO. Pertama, mencakup kata kunci. Kata kunci atau keyword merupakan kata yang digunakan oleh pengguna untuk mencari di search engine. Selain kata kunci, konten juga harus memiliki sedikitnya 300 hingga 500 kata. Serta terdapat out-bound dan in-bound link.
2. Menghubungkan dengan konsumen
3. Meningkatkan penjualan
4. Memberikan “value” lebih pada produk
5. Meningkatkan traffic
Sebelumnya, kami sudah pernah membahas mengenai pentingnya SEO untuk digital marketing. SEO akan membawa pengunjung (dan calon konsumen) pada situs resmi perusahaan. Bagaimana caranya? Dengan memunculkan situs perusahaan di halaman pertama pencarian Google. Search Engine Optimization ini hanya bisa didapatkan melalui konten.Konten yang bagus tak hanya akan sekedar lewat dan dilupakan oleh pembacanya, yang disini menjadi konsumen Anda. Konten yang benar-benar menarik seharusnya mampu menggugah dan membuat konsumen merasa terikat dengan perusahaan. Lebih lagi pada produk yang ditawarkan.
Tak ada tolak ukur pasti mengenai konten yang bagus ini. Baik itu pada digital, internet marketing, hingga pemasaran konvensional. Namun salah satu tips untuk membuat konten yang menarik adalah dengan memberikan rasa penasaran pada konsumen. Contoh mudahnya seperti ini. Berapa kali Anda penasaran ingin mengetahui kelanjutan cerita di sinetron hingga rela menontonya setiap hari? Begitu juga konten. Rasa penasaran konsumen inilah yang harus ditimbulkan melalui konten.
Goal akhir dari pemasaran memang penjualan. Dimana nantinya akan mengarah pada keuntungan perusahaan. Nah, konten di digital marketing memiliki peranan yang besar dalam meningkatkan penjualan. Tak percaya? Mudahnya seperti ini. Anda memiliki sebuah online shop di media sosial. Digital marketing yang Anda pilih merupakan review dari influenzer yang didukung dengan buzz atau bump melalui live dan juga temporasi video. Konten yang Anda pilih tentunya yang berhubungan dengan review dari influenzer itu tadi.
Nah dari sini, Anda melihat adanya peningkatan jumlah pengikut di media sosial serta makin banyaknya traffic yang didapat di situs penjualan resmi. Hingga memperlihatkan peningkatan penjualan. Konten yang berupa review tersebut menunjukan mereka sukses mencapai goal Anda.
Pemilihan konten yang tepat di media yang tepat akan memberikan value berbeda pada produk Anda. Hingga akhirnya mempengaruhi image dari produk itu sendiri. Katakan saja seperti ini, Telkomsel dengan konten pemasaran digital yang berkutat di kalangan high end, menjadikan produk mereka dikenal sebagai produk high end pula. Begitu pun dengan produk Apple. Dimana image produk ini sendiri sudah dikenal untuk “kalangan atas”.
Konten seperti itulah yang akhirnya nanti memberikan pengaruh pada pemasaran Anda.
Untuk peranan konten yang terakhir ini sudah kita bahas di atas. Bagaimana sebuah konten akan membuat banyaknya pengunjung yang mengakses situs penjualan atau pun website resmi produk. Tentunya dengan SEO, konten yang menarik hingga mampu meningkatkan penjualan produk pula.
Untuk traffic, yang paling berpengaruh nantinya memang SEO. Dimana konten SEO berperan secara langsung membawa pengunjung ke link website Anda.
Selain 5 hal itu, masih ada beberapa peranan besar digital marketing adalah pada konten. Seperti meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai produk dan perusahaan Anda, misalnya. Jadi, ada yang masih belum dimengerti mengenai digital marketing serta konten?






3. Mesin pencari ( search engine )memiliki peran yang penting untuk memenangkan persaingan dalam bisnis online. Sebutkan peranan mesin pencari yang kamu tahu dan beri penjelasan !



1. Memudahkan mencari alamat website atau blog
Search engine atau mesin pencari memiliki kapasatitas yang sangat besar dan akan terus disesuaikan dengan pertambahan jumlah pengguna internet sehingga pada mesin pencari tersebut memiliki bermacam-macam informasi yang dibutuhkan oleh orang-orang yang menggunakan mesin pencari tersebut.
2. Sarana mencari informasi
Dengan memiliki kapasitas yang sangat besar mesin pencari memiliki bergam informasi di seluruh dunia yang dapat kita ketahui di internet
3. Efektif untuk Browsing 
Lebih memudahkan kita untuk mencari sesuatu informasi dari pada kita mencarinya satu persatu di website atau blog karena bisa anda bayangkan betapa banyaknya website dan blog dalam dunia internet.
4. Memiliki bahasa pencarian yang lengkap
Mesin pencari digunakan diseluruh dunia oleh karena itu fasilitas mesin pencari dilengkapi dengan berbagai bahasa-bahasa di dunia.
5. Sumber finansial
Mesin pencari juga dapat difungsikan sebagai sumber penghasilan. Misalnya memasang iklan, setiap pengguna yang mencari informasi akan menulis kata-kata kunci informasi yang mereka cari, nah iklan-iklan yang berkaitan dengan kata yang mereka tuliskan akan muncul sehingga pengunjung akan tertarik juga untuk melihat iklan-iklan tersebut.

Contoh-contoh search engine yang sering kita jumpai di internet yaitu :

1. Google
2. Yahoo
3. Bing
4. Lycos
5. Ixquick, dan
6. Ask

4. Komunikasi transaksi dan distribusi adalah aspek penting dalam saluran bisnis online. Berilah contoh komunikasi daring online ( interaktif ) yang dapat digunakan dalam bisnis online ( 5 contoh )

Berikut ini akan Pakar Komunikasi  paparkan 10 penerapan komunikasi daring untuk menambah wawasan anda.
1. Website
Website merupakan sebuah sistem yang mempresentasikan informasi yang tersimpan dalam bentuk  teks, gambar, audio, atau video dalam ternet websever, kedalam bentuk hypertext sehingga dapat diakses dan dilihat pengguna internet. Website memiliki berbagai fungsi seperti sebagai edia komunikasi, menyebarkan informasi, edukasi, atau sebagai media promosi dan pemasaran.
2. Email
Electronic Mail yang disingkat email, merupakan sebuah bentuk berkomunikasi dengan cara surat menyurat. Bedanya email merupakan surat elektronik, sehingga pesan yang dikirimkan berupa data digital. Pesan tersebut dikirimkan kepada penerimanya melalui jaringan  internet. Agar dapat saling berkirim pesan melalui email, pemberi dan penerima pesan harus membuat akun pada salah penyedia jasa email  untuk mendapatkan alamat email.
Terdapat banyak situs penyedia jasa email, misalnya Google Mail, Yahoo Mail, Hotmail, Plasa, dll. Fasilitas yang disediakan penyedia jasa email mencakup mengirim, menerima, dan menyimpan surat elektronik yang kita terima atau kirimkan. Seperti halnya mengirim surat melalui pos, untuk mengirim email kita perlu menuliskan alamat email orang yang kita tuju. Sedangkan pesan yang dikirimkan bisa berupa teks, gambar maupun suara, namun dalam bentuk digital.
Berbeda dengan surat biasa yang dikirimkan melalui pos, untuk mengirim email tidak memerlukan biaya kirim, dan akan langsung sampai begitu email dikirim.  Cakupannya pun tentu hingga seluruh dunia. Sehingga pengiriman surat melalu email tentu lebih mudah, efisien, serta praktis dibanding surat konvensional.
3. Forum Online
Forum merupakan program aplikasi internet yang digunakan sebagai media diskusi online antar anggota yang tergabung dalam suatu grup atau kelompok tertentu. Suatu forum biasanya membahas topic tertentu, dan anggotanya dapat dengan bebas mengemukakan pendapatnya. Pesan atau informasi yang disampaikan dalam forum bisa berupa teks, audio, atau video. Penggunanya juga bisa mengirimkan emosinya dalam bentuk avatar ataupun emoji. Forum memiliki beberpa fungsi seperti tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki satu fikiran untuk dapat saling bertukar informasi dan pandangan. Sebuah forum perbincangan dimana setiap anggotanya bebas mengemukakan pendapatnya .
4. Mailing List
Mailinglist atau disingkat milis, merupakan program aplikasi internet dimana setiap anggota yang tergabung didalamnya saling bertukar informasi melalu email. Milis mirip dengan newsgrup, dimana sekelompok pengguna yang tergabung didalamnya membahas suatu  topic tertentu, dan setiap anggotanya bebas memberikan informasi atau pendapat terkait topic tersebut. Bedanya dalam milis komunikasi dilakukan melalui email.
Untuk dapat tergabung dalam milis tentunya pengguna harus memiliki email terlebih dahulu.  Kemudian bergabung dalam sebuah grup atau membuatnya dan mengundang orang-orang untuk bergabung didalamnya. Di era 90-an milis cukup popular digunakan oleh pengguna internet, namun sekarang nyaris ditinggalkan karna kalah popular dibanding  aplikasi –aplikasi sosial media yang lebih canggih .
5. Internet Relay Chat
Internet Relay Chat (IRC) merupakan aplikasi bercakap-cakap diinternet dimana penggunanya saling bertukar pesan/ informasi dalam bentuk barisan-barisan tulisan yang diketik dengan keyboard.  IRC atau yang lebih dikenal dengan istilah chatting ini memungkinkan penggunanya untuk bercakap-cakap dengan siapa pun dan membahas apa pun yang diinginkan chatter. Tidak dibatasi oleh topik tertentu, ataupun keanggotaan tertentu dalam sebuah grup/ kelompok. Sifat percakapannya pun bisa perseorangan (privat) maupun berkelompok (grup). Untuk dapat menggunakan aplikasi ini pengguna harus terlebih dahulu mendaftar menggunakan email. Contoh program aplikasi chatting antara lain mIRC, Yahoo! Messenger, MSN Messenger, dll.
6. Online Messaging
Online messaging merupakan program aplikasi pengiriman pesan singkat yang dilakukan secara online. Awalnya aplikasi  percakapan ini hanya memungkinkan anggotanya untuk saling bertukar pesan secara online dalam bentuk barisan teks. Namun dalam perkembangannya hingga sat ini, aplikasi pesan singkat ini juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengiriman foto, emoji, animasi, dokumen, audio, atau juga video. Contoh aplikasi pesan singkat misalnya whatsapp, telegram, line, facebook messenger, kakaotalk, dll. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, penggunanya harus mendaftarkan menggunkan nomor teleponnya terlebih dahulu.
7. Voice Over IP
Voice Over IP (VoIP) merupakan percakapan online yang dilakukan dalam bentuk suara. Penggunanya dapat melalukan percakapan sepertihalnya orang menelepon menggunakan telepon. Bedanya, sarana yang digunakan bukanlah jaringan telepon, melaikan jaringan internet. Melakukan panggilan suara menggunakan internet jauh lebih murah dan luas jangkauannya dibanding dengan menggunakan jaringan telepon biasa, teruma untuk panggilan ke luar negeri. Contoh aplikasi panggilan suara misalnya buddy talk, media ring talk, skype, dll.
8. Video Conference
Video conference  merupakan program aplikasi komunikasi online dimana pengunanya dapat saling bertatap muka satu sama lain, sehingga seakan-akan bertemu langsung dengan lawan bicara. Dalam video conference, pengguna dapat mengirimkan dan menerima pesan dalam bentuk gambar bergerak serta suara. Contoh aplikasi video conference misalnya skype. Aplikasi perpesanan seperti whatsapp, line, dsb juga sekarang telah menambahkan fasilitas komunikasi melalui video call.
9. Teleconference
Teleconference sama seperti video call, dimana penggunanya dapat saling berkomunikasi mendengar suara dan melihat rupa satu sama lain. Komunikasi  dalam bentuk percakapan langsung, seakan-akan saling bertatap muka.  Bedanya dalam penggunaan, teleconference biasanya digunakan untuk melakukan rapat jarak jauh dan biasanya menggunakan perangkat khusus seperti webcam, phone, dan speaker; bukan hanya mengandalkan smartphone .
10. Social Network
Salah satu sosial network yang cukup popular dewasa ini adalah facebook. Facebook memungkinkan penggunanya untuk dapat menampilkan profil diri, mencari dan menambah teman, menuliskan status (pikiran, pendapat, foto, dkk) di beranda, melihat serta mengomentari status pengguna yang terhubung dengannnya,  bergabung dalam komunitas, dan banyak hal lainnya.
Selain facebook, terdapat banyak aplikasi sosial media lain seperti twitter, instagram, path, dkk. Setiap sosial media memiliki cirikhasnya masing masing namun melalui sosial media kita dapat berkomunikasi secara tidak langsung dengan banyak orang. Mengetahui kabar terbarunya, saling bertukar informasi, dll. Sosial media bahkan bisa dijadikan sarana untuk mencari orang yang mungkin telah lama tak dijumpai atau juga melalukan reuni dalam dunia maya.
11. INTERNET FAX
Internet fax merupakan pengiriman faximili mennggunakan jaringan internet. Pengiriman tetap dilakukan dengan meenggunakan mesin faximili, namun jaringan yang digunakan untuk mengirimkannya merupakan jaringn internet, bukan jaringan telepon. Internet fax memiliki kelebihan dibanding faximili biasa dalam hal efisiensi. Internet fax memungkinkan pengiriman faximili dalam jumlah yang banyak dengan  lebih mudah, praktis, dan relative lebih murah.
12. File Transfer Protocol
File Transfer Protocol (FTP) merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk melakukan pengambilan atau pengiriman file dari atau ke komputer lain. Contoh penggunaan FTP misalnya ketika mencari dan mendowload sebuah file dari sebuah situs, atau ketika mengunggah dan menyabarkan suatu file melalui jaringan internet. FTP akan memindahkan file antar host, dari server ke client atau sebaliknya. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua client bisa mendapatkan akses ke server.
13. Telnet
Telnet merupakan aplikasi internet yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengakses komputer dari jarak jauh. Untuk dapat melakukannya, pengguna telnet harus mengetahui alamat IP target, serta memiliki hak akses (user ID dan Password).  Dengan Telnet, pengguna dapat melihat, membaca, dan melakukan aktifitas lainnya pada komputer target dari jarak jauh. Ini berguna misalnya ketika seseorang perlu mengakses komputer kerjanya, ketika orang tersebut sdang dalam perjalanan.
14. Search Engine
Search Engine, atau dalam bahasa Indonesia siterjemahkan sebagai  mesin pencari, merupakan aplikasi internet yang berfungsi untuk memudahkan proses pencarian, penarikan, dan pengambilan informasi dalam internet. Search engine membantu kita untuk mencari situs yang berisi informasi yang sesuai dengan topic yang kita cari, dari milyaran situs yang ada di internet. Contoh search engine misalnya Goole.com, Yahoo.com atau Ask. Com.
15. Packet Internet Gopher
Packet Internet Gopher atau disingkat Ping, merupakan aplikasi internet yang dapat kita gunakan untuk mengecek koneksi komputer kita dengan komputer lainnya. Pengecekan tersebut dilakukan mengirimkan sebuah paket data ke komputer target/ jika komputer target dalam kadaan aktif, maka akan dikirim respon balik. Lama respon balik bergantung kecepatan koneksi internet yang kita gunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar